STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENARIK SPONSORSHIP PADA PENYELENGGARA FESTIVAL RAYDA EXPO 2023

Muhammad, Rizkyansyah (2025) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENARIK SPONSORSHIP PADA PENYELENGGARA FESTIVAL RAYDA EXPO 2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Syaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muhammad Rizkyansyah.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Festival Rayda Expo 2023 merupakan acara besar yang bertujuan untuk mempromosikan organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dengan menampilkan seni, budaya, dan inovasi, dalam penyelenggaraan festival ini, dukungan finansial dari sponsorship sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan acara, namun industri acara saat ini menghadapi tantangan yang semakin ketat dalam mendapatkan sponsorship, seperti peningkatan biaya penyelenggaraan dan persaingan dengan acara sejenis. Pendekatan penelitian dengan menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. melalui teknik non probality sampling, melalui pendekatan purposive sampling (sampel bertujuan) terhadap informasi. metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi metode analisis data strategi Public Relations dalam menarik sponsorship untuk Festival Rayda Expo 2023 melalui analisis interaktif Miles & Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Selain itu, event dapat melibatkan sponsor dalam berbagai kegiatan festival Rayda expo 2023, seperti penyediaan membuat acara yang menarik,stand bazar UMKM dalam kegiatan, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru tentang bagaimana public relations dapat menjadi kunci sukses dalam menarik sponsorship dan menciptakan hubungan positif dengan para sponsor, Menilai faktor-faktor eksternal, dll Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: untuk seorang praktisi Public Relations, hal ini harus didukung dengan strategi perencanaan yang terstruktur dan cermat untuk meningkatkan efektivitas dalam mengajak sponsorship berpartisipasi dalam suatu acara. Selain itu, penting juga untuk membangun dan memperluas jaringan komunikasi dengan para sponsor potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Public Relations, Sponsorship, dan Festival Rayda Expo
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rizkyasyah Wahid
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:29
Last Modified: 14 Jan 2025 04:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28709

Actions (login required)

View Item View Item