Nabila Muthia Rizky, NIM. 1323301171 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
NABILA MUTHIA RIZKY __Pendidikan Karakter Religius Siswa di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Ke.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya tindak kekerasan, vandalisme, kejahatan di jalan, adanya geng-geng jalanan, anak-anak yang kabur dari sekolah/bolos (truancy), kehamilan di kalangan anak-anak muda, bisnishitam (business fraud), korupsi para politisi, kehancuran dalam kehidupan rumahtangga, hilangnya rasa hormatpada orang lain, dan memupusnya etika profesi. Pengaruhglobalisasidanberbagaifaktoreksternaltelahmasukkedalaminstitusipendidikansehinggabebanlembagapendidikankhususnyadalammenanamkannilai-nilaikemanusiaandankebangsaansemakinterdesakataumengalamisejumlahdistorsi.Pendidikanselamaini, lebih mengarahkepadapengisiankognitif, sedangkanaspekafeksidanpsikomotor yang sangat vital keberadaannyaterabaikanbegitusaja. Tujuanpenelitianini adalahuntukmengetahuibagaimanakahefektivitaspendidikankarakterterhadappembentukankarakterreligiussiswa di MI WathoniyahIslamiyahKebaronganKecamatanKemranjenKabupatenBanyumas. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research).Penelitianinimerupakanpenelitian yang bersifatdeskriptifkualitatif.Lokasipenelitianinidilakukan di Madrasah WathoniyahIslamiyahKebarongan.Subjekpenelitiainiadalahkepala madrasah, guru kelas III dansiswakelas III.Objekpenelitianadalahpendidikankarakterreligiussiswadi MI WathoniyahIslamiyahKebaronganKecamatanKemranjenKabupatenBanyumas. Hasildaripenelitianini menunjukkan bahwa (1) Sebelas prinsip-prinsip untuk pendidikan karakter religious telah dilaksanakan, yang berfungsisebagaiacuandasardalampembentukankarakterreligiussiswa, (2) Bentukkarakterreligiusyaitu, 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun), berdoasebelumdansesudahpelajaran, tahfidzhafalansurat-suratpilihan, AsmaulHusna, hafalandoa-doapilihan, shalatdhuha, shalatdzuhurberjama’ah, shalatasharberjama’ah, infaksetiaphariSenin, pembiasaankarakterIslami, ekstrakurikuler, dan PHBI,(3) Metodepembentukanpendidikankarakterreligius, yaitumelaluimetodehiwar (percakapan), metodeqishah (cerita), metodeamtsal(perumpamaan), metodeuswah (keteladanan), metodepembiasaan, metode‘ibrahdanmau’idah, metodetarghibdantarhib (janjidanancaman), (4) Strategi pembentukan pendidikan karakter religius, yaitu (a) melalui kegiatan pembelajaran, (b) melalui pengembangan budaya sekolah dan pusatkegiatan belajar, pertama, kegiatanrutin, kedua, kegiatan spontan, ketiga, keteladanan, keempat, pengondisian, (c) melalui kegiatan kokurikuler dan atau ekstrakurikuler, (d) melalui kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Character eduction, Religiusitas siswa |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 01:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 01:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2864 |
Actions (login required)
View Item |