MAREENA, CHEWAE (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KESADARAN SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH THAMAVITYA MULNITI THAILAND. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H . Saifuddin Zuhri.
|
Text
MAREENA CHEWAE _PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KESADARAN SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH THAMAVITYA MULNITI THAILAND (1).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kesadaran sosial pada siswa di Sekolah Menengah Thamavitya Mulniti Thailand. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara online menggunakan aplikasi Facebook Messenger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI melaksanakan perannya melalui berbagai pendekatan, seperti pembiasaan adat istiadat keagamaan (salam, doa, dan menjaga kebersihan kelas), memberikan keteladanan dalam berpakaian, serta menggunakan metode pengajaran yang menarik. Selain itu, Guru PAI juga berperan sebagai inisiator dan pemimpin kegiatan keagamaan serta ekstrakurikuler di luar kelas, seperti peringatan hari besar Islam dan kegiatan dewan pelajar, yang mendukung internalisasi nilai-nilai agama serta memperkuat kesadaran sosial siswa. Sebagai motivator, Guru PAI memberikan dorongan, arahan, dan inspirasi untuk mendukung keberhasilan pengembangan kesadaran sosial siswa. Faktor-faktor keberhasilan ini meliputi faktor internal, seperti motivasi individu siswa, dan faktor eksternal, seperti dukungan dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Di sisi lain, peran Guru PAI sebagai administrator mencakup kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan moral dan kesadaran sosial siswa secara holistik. Dengan mengelola komunikasi dan kerja sama yang baik, Guru PAI dapat memastikan bahwa semua pihak bekerja sama demi keberhasilan pendidikan dan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran multifungsi Guru PAI dalam membentuk generasi siswa yang memiliki kesadaran sosial tinggi dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. ABSTRACT This study aims to analyze the role of Islamic Religious Education teachers in fostering social awareness among students at Thamavitya Mulniti Secondary School Thailand. The method used is a qualitative approach with data collection techniques through online interviews conducted via the Facebook Messenger application. The results of the study indicate that PAI teachers fulfill their roles through various approaches, such as promoting religious customs (greetings, prayers, and maintaining classroom cleanliness), providing role models in dressing, and employing engaging teaching methods. In addition, PAI teachers also act as initiators and leaders of religious activities and extracurricular programs outside the classroom, such as celebrating Islamic holidays and organizing student council activities, which support the internalization of religious values and strengthen students' social awareness. As motivators, PAI teachers provide encouragement, guidance, and inspiration to support the success of developing students' social awareness. The factors influencing this success include internal factors, such as students' individual motivation, and external factors, such as support from family, school, and the community. On the other hand, the role of PAI teachers as administrators involves fostering collaboration among teachers, parents, and the community to create an environment that supports the moral and social development of students holistically. By managing effective communication and cooperation, PAI teachers can ensure that all parties work together to achieve educational success and character building for students. This study highlights the significant multifaceted role of PAI teachers in shaping students with high social awareness and a strong sense of care for their surroundings.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MAREENA CHEWAE |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |