MANAJEMEN TAHFIZ JUZ ‘AMMA PADA TK TAHFIDZ MABADI QUR’ANIL AZIZ DI DESA BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Laeli, Awaliyah (2025) MANAJEMEN TAHFIZ JUZ ‘AMMA PADA TK TAHFIDZ MABADI QUR’ANIL AZIZ DI DESA BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LAELI AWALIYAH (214110401085) MANAJEMEN TAHFIZ JUZ 'AMMA PADA TK TAHFIDZ MABADI QUR'ANIL AZIZ DESA BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Usia dini adalah usia yang fundamental dalam proses perkembagan otak manusia, sehingga diperlukan stimulus untuk memaksimalkan perkembangan tersebut. Salah satu stimulus yang dapat dilakukan oleh umat Islam adalah melalui stimulus Al-Qur’an, yaitu dengan mempelajari dan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Tahfidz Juz ‘Amma bagi anak usia dini yang diselenggarakan oleh TK Tahfidz Mabadi Qur’anil Aziz yang terletak di Desa Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala TK, tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan adalah 1) Tahap perencanaan, yaitu perencanaan kurikulum. 2) Tahap pengorganisasian, pembagian tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan kapasitas SDM. 3) Tahap pelaksanaan, dilakukan dengan berbagai metode mempelajari Al-Qur’an, pembelajaran tahfidz dilaksanakan setiap hari dengan melaksanakan ziyadah dan murroja’ah, dengan menggunakan kombinasi metode Utrujah, Tabarak, dan Wafa’ 4) Tahap evaluasi, terdapat tiga jenis evaluasi, yaitu: evaluasi harian, evaluasi mingguan, dan uji publik yang dilaksanakan setiap tiga bulan. Kata kunci: Juz ‘Amma, Manajemen, Tahfidz. Abstrack: The early age of an individual is a critical period in the development of the human brain. To this end, it is essential to provide adequate stimulation to promote optimal development. Muslims can fulfill this need through the study and memorization of the Qur'an, which serves as a significant source of spiritual and intellectual stimulation.The objective of this study is to ascertain the manner in which the Tahfidz Juz 'Amma program for early childhood is managed at Tahfidz Mabadi Qur'anil Aziz Kindergarten, situated in Banteran Village, Sumbang District, Banyumas Regency. This research employs a qualitative approach with a descriptive methodology. The data were collected through the use of observation, interview, and documentation techniques. The subjects of this study were the head of the kindergarten, the teaching staff, the students, and the parents of the students. The findings of the research are as follows: 1) The planning stage, namely curriculum planning. 2) The organizing stage, which entails the division of tasks and responsibilities in accordance with the capacity of human resources. 3) The implementation stage is carried out with various methods of learning the Qur'an. Tahfidz learning is conducted on a daily basis through ziyadah and murroja'ah, employing a combination of Utrujah, Tabarak, and Wafa' methods. 4) The evaluation stage comprises three types of assessment: daily evaluation, weekly evaluation, and a public test conducted every three months. Keywords: Juz 'Amma, Management, Tahfidz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Juz ‘Amma, Manajemen, Tahfidz
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.02 Aneka ragam Al Qur'an (statistik, direktori, dll)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Laeli Awaliyah
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:08
Last Modified: 13 Jan 2025 06:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item