Yulia, Dwi Ratnasari (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI DANA PADA GENERASI Z PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
YULIA_DWI_RATNASARI_PENGARUH_ELECTRONIC_WORD_OF_MOUTH_PERSEPSI_RISIKO.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi digital juga mendorong transformasi di berbagai sektor, seperti e-commerce, financial technology, dan layanan kesehatan digital yang semakin mudah diakses dan meningkatkan efisiensi. Dari hasil survei penetrasi internet Indonesia 2024 yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), maka tingkat penetrasi Indonesia menyentuh angka 79,5% dari total populasi di Indonesia, yang didominasi oleh Generasi Z. Electronic word of mouth, persepsi risiko, dan kepercayaan menjadi faktor keputusan penggunaan financial technology salah satunya yaitu e- wallet, bagi sejumlah individu maupun pengelola bisnis. Bukan hanya kemudahan dalam melakukan pembayaran, tetapi beberapa risiko lainnya juga mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan produk e-wallet. Untuk mendapatkan pengalaman yang sesuai, calon konsumen harus mencari informasi tentang produk e-wallet yang akan digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 385 reponden Generasi Z di Purwokerto. Dalam memilih sampel menggunakan Teknik Non Probability Sampling. Pengambilan sampel dengan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dengan menggunakan alat analisis regresi ordinal dan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Electronic Word of Mouth, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan berpengaruh secara signifikan ditunjukkan dengan nilai signifikan yaitu 0,000. Sedangkan secara simultan dengan hasil uji Kendall’s W diketahui bahwa nilai konkordansi 0,925 dan nilai Asymp.sig 0,000, maka dengan demikian dapat dinyatakan bahwa secara bersama – sama terdapat hubungan yang signifikan antara Electronic Word of Mouth (X1), Persepsi Risiko (X2) dan Kepercayaan (X3) terhadap keputusan penggunaan (Y) Aplikasi DANA pada Generasi Z di Purwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Persepsi Risiko, Kepercayaan dan Keputusan Penggunaan |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Yulia Dwi Ratnasari |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 01:52 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 01:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |