PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU RANDEGAN KEBASEN BANYUMAS

Aofi Mella Hardiyani, NIM. 1323310016 (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU RANDEGAN KEBASEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
AOFI MELLA HARDIYANI_PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM PEM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Melihat betapa pentingnya peran IPS dalam kehidupan manusia, bahkan masa depan suatu bangsa, maka sebagai seorang pendidik yang mengajarkan dasar-dasar IPS merasa terpanggil untuk senantiasa berusahaa meningkatkan mutu mata pelajaran IPS dan hasil belajar IPS. Make a Match adalah metode pembelajaran mencari pasangan kartu pertanyaan dan jawaban dalam suasana yang menyenangkan. Proses belajar mengajar dengan metode Make a matchdapat membantu mempermudah siswa untuk mengingat dan memahami materi pembelajaran dengan baik. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru mapel IPS, siswa kelas III dan IV, dan kepala madrasah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerapan metode make a matchterhadap hasil belajar IPS dan kreatifitas siswa kelas III dan IV MI Ma’arif NU Randegan Kebasen Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode make a match dalam pembelajaran IPSmembuat siswa lebih bersemangat dan mudah menghafal materi pelajaran. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a matchpada mata pelajaran IPS yang digunakan oleh guru mapel di MI Ma’arif NU Randegan Kebasen dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru memvariasikan metode make a match dengan beberapa metode sehingga menjadi satu bagian. Mengkombinasikan bermacam-macam metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai SK, KD serta kondisi siswa. Dalam pembelajaran, guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Method, Education Method, Make a Match, Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:21
Last Modified: 05 Sep 2017 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item