IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MTS MA’ARIF NU 06 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Fauzi, Arif Yasir (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MTS MA’ARIF NU 06 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arif Yasir Fauzi_Implementasi Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Pada Pembelajaran Fiqh Di MTs Ma'arif NU 06 Bojongsari Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Problem yang siswa hadapi dalam pembelajaran fiqh diantaranya: kemampuan memahami pembelajaran fiqh, kurangnya minat dan motivasi belajar fiqh, dan sedikit sekali adanya praktek secara langsung tentang pembelajaran fiqh tersebut. Kurangnya inovasi dalam model pembelajaran fiqh juga sebuah problematika. Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh indera manusia, maka model pembelajaran ini dirasa cukup untuk dijadikan solusi untuk permasalahan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) pada Pembelajaran Fiqh di MTs Ma'arif NU 06 Bojongsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara menyeluruh dan telah dipaparkan secara rinci mengenai Implementasi model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) pada Pembelajaran Fiqh di MTs Ma'arif NU 06 Bojongsari. Implementasi model pembelajaran tersebut sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat dari proses pembelajaran yang sudah menerapkan unsur-unsur dalam model pembelajaran SAVI yaitu Somatic, Auditory, Visual, Intellectual. Unsur-unsur tersebut tercermin melalui empat tahapan dalam model pembelajaran SAVI tersebut. Keempat tahapan yang dimaksud adalah tahapan persiapan, tahapan penyampaian, tahapan pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Guru Fiqh juga akan menggunakan metode dan media pembelajaran yang mendukung model pembelajaran SAVI tersebut, diantaranya metode yang dipilih adalah metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode Talking Stick dan metode resitasi/pemberian tugas. Media pembelajaran yang dimanfaatkan berupa proyektor dan papan tulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran SAVI, Pembelajaran Fiqh
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Yasir Fauzi
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:10
Last Modified: 09 Jan 2025 03:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28522

Actions (login required)

View Item View Item