EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Fitri, Diani (2024) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI DIANI_214110402037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini, menggunakan teori evaluasi Taksonomi Bloom dan Ralph Tyler. Hasil dari penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Purba Adhi Suta Purbalingga dilakukan dari proses perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, dan hasil evaluasi. Pada proses perencanaan, guru menganalisis TP, membuat modul ajar, mempersiapkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), menyusun soal sesuai indikator untuk ABK, dan membuat daftar nilai. Kemudian pada proses pelaksanaan, guru menggunakan jenis penilaian formatif dan sumatif dengan mengutamakan aspek penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada tahap hasil evaluasi pembelajaran, guru menyusun nilai dari hasil evaluasi dan dicantumkan kedalam rapor untuk diserahkan kepada orang tua supaya mengetahui hasil kemajuan belajar anak-anak. Kata kunci : Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FITRI DIANI
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:05
Last Modified: 07 Jan 2025 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28488

Actions (login required)

View Item View Item