IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 PURWOKERTO

Rofi, Hidayah (2024) IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ROFI HIDAYAH_IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam kontemporer saat ini, konsep atau metode pendidikan yang bersifat konvensional pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dipertanyakan keefektifannya, cara belajar yang kaku dan konsep pendidikan yang monoton kurang dapat mengimbangi tantangan perubahan saat ini. Dengan demikian perlu adanya upaya dari Guru yang dapat meningkatkan kualitas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Melihat pembelajaran yang bersifat konvensional tersebut peneliti tertarik untuk menggambarkan pembelajaran PAI menggunakan model yang lain salah satunya yaitu model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 5 Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan model Inkuiri Terbimbing peserta didik memiliki peran aktif dan terlibat dalam pembelajaran, tidak hanya sekedar mendengarkan, namun siswa berkontribusi dan berpartisipasi yang memberi dampak positif pada siswa sehingga materi pun tersampaikan dengan baik. Kemudian tahapan model Inkuiri Terbimbing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri atas tujuh tahap, yakni; identifikasi masalah, mengajukan pertanyaan, merencanakan penyelidikan, mengumpulkan data dan melaksanakan penyelidikan, menganalisis data, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Mata pelajaran PAIBP
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ROFI HIDAYAH
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:27
Last Modified: 06 Jan 2025 04:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28452

Actions (login required)

View Item View Item