KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN KEGIATAN P5PPRA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH 2 BABAKAN PURBALINGGA

Nabilah Nur, Zahrani (2024) KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN KEGIATAN P5PPRA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH 2 BABAKAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nabilah Nur Zahrani_Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Kegiatan P5PPRA Pada Kurikulum Merdeka Di MI Muhammadiyah 2 Babakan Purbalingga.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kebijakan yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam menerapkan kegiatan P5PPRA pada kurikulum merdeka yaitu melakukan pembaruan yang segnifikan dengan peralihan dari kurikulum 2013 (K-13) ke kurikulum merdeka.kurikulum merdeka bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi satuan pendidikan dalam mendesain pembelajaran yang relevan dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan peserta didik.sehingga di dalam kurikulum merdeka,terdapat salah satu kebijakan yang dijalankan adalah implementasi kurikulum merdeka melalui praktik P5 dan PPRA. Namun, dalam praktiknya pengembangan P5PPRA di madrasah seringkali menghadapi berbagai tantangan dan kendala.Beberapa diantaranya adalah: a)Kurangnya pemahaman yang mendalam, seperti banyak kepala madrasah dan guru belum sepenuhnya memahami konsep P5PPRA secara medalam.sehingga kesuliatan dalam merancang dan melaksanakan program yang efektif;b)keterbatasan sumber daya, seperti terbatasnya sumber daya baik itu sumber daya manusia, anggaran, maupun sarana dan prasarana, oleh karena itu menjadi kendala dalam pelaksanaan program pengembangan P5PPRA;c) Kurangnya dukungan dari lingkungan, seperti kurangnya dukungan dari sekolah,keluarga,dan masyarakat dapat menghambat upaya pengembangan P5PPRA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kebijakan kepala madrasah dalam menerapkan kegiatan P5PPRA pada kurikulum merdeka di MI Muhammadiyah 2 Babakan Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara,dan dekumentasi.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan kepala madrasah dalam menerapkan kegiatan P5PPRA pada kurikulum merdeka di MI Muhammadiyah 2 Babakan Purbalingga adalah dilakukan sebagai kepala madrasah harus menunjukkan kepemimpinan yang kuat, visi dan misi yang jelas, kemampuan untuk membentuk SDM yang berkualitas, dan serta memotivasi seluruh komponen madrasah untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. MI swasta ini berusaha untuk mewujudkan agar madrasah ini dapat berkembangdengan menerapkan kurikulum merdeka (P5PPRA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Madrasah, Kegiatan P5PPRA, Kurikulum Merdeka
Subjects: Tim PAK
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nabilah Nur Zahrani Al-Winata
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:06
Last Modified: 06 Jan 2025 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28450

Actions (login required)

View Item View Item