IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP ZAM-ZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL CILONGOK BANYUMAS

Fadhila, Fauziyyah (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP ZAM-ZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fadhila Rahma Fauziyyah_Implementasi Kurikululum Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah Pada Pembelajaran PAI di SMP Zam-Zam Integrated Islamic School Cilongok Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum dalam pembelajaran memiliki peran yang penting, karena keberhasilan dari sebuah pembelajaran tidaklah lain karena penerapan kurikulum yang baik. Kurikulum merupakan arah atau tujuan berjalannya sebuah pembelajaran. Kurikululum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah merupakan kurikulum yang berasal dari Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, kurikulum ini juga diterapkan pada SMP Zam-Zam Integrated Islamic School Cilongok Banyumas, SMP ini merupakan sekolah dibawah naungan Pondok Modern Zam-Zam Integrated Islamic School Cilongok Banyumas. Sesuai dengan wawancara yang telah peneliti laksanakan bahwasannya dalam penerapan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah terdapat kendala, yaitu dikarenakan penyampaian materi pembelajaran yang menggunakan bahasa Arab, dan banyak siswa yang belum memahami bahasa tersebut, dengan demikian permasalahan yang ada menjadi perhatian khusus bagi para pendidik. Pelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum Kulliyatul Mua’allimin Al-Islamiyah pada pembelajaran PAI di SMP Zam-Zam Integrated Islamic School Cilongok Banyumas. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) serta dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang penulis laksanakan yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa kurikulum KMI yang dilaksanakan pada pembelajaran PAI di SMP ZIIS Cilongok dilaksanakan sejak tahun 2021 sejak awal berdirinya SMP ZIIS Cilongok, kurikulum ini disesuaikan dengan kurikulum KMI Gontor, buku pelajaran yang digunakanpun berasal dari Gontor, walaupun penyampaian materinya belum sepenuhnya sesuai seperti penyampaian materi pada kurikulum KMI, akan tetapi pendidik tetap berusaha untuk menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum KMI Gontor dimana bahasa pengantarnya merupakan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadhila Rahma Fauziyyah
Date Deposited: 06 Jan 2025 01:02
Last Modified: 06 Jan 2025 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28446

Actions (login required)

View Item View Item