PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO

Auliya, Nur Azizah (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AULIYA NUR AZIZAH_PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah yang baik juga didukung oleh profesionalisme guru yang tercermin dalam interaksinya kepada rekan kerja maupun siswanya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif. Karena profesionalisme guru sangat dibutuhkan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dikarenakan dalam kurikulum merdeka belajar ini guru dituntut untuk aktif memberikan pengetahuannya kepada peserta didik secara profesional, sehingga para peserta didik mendapatkan pengalaman pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kranji Purwokerto. Sumber data yang digunakan meliputi : informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dan juga manajerial sudah tergambarkan dari perencanaan untuk peningkatan profesionalisme gurunya dimulai dari mengadakan in house training di awal tahun pembelajaran dan juga kelas untuk program khusus yang bernama komunitas belajar. Tujuan dari diadakannya program khusus tersebut adalah agar dapat memotivasi guru agar lebih profesional lagi dalam mengajar sehingga menghasilkan output atau peserta didik yang berprestasi khususnya pada penerapan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, In House Training, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Auliya Nur Azizah
Date Deposited: 03 Jan 2025 07:28
Last Modified: 03 Jan 2025 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28421

Actions (login required)

View Item View Item