Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Belajar Siswa Pada Kelas IV A Di MI Al Ma'arif 01 Rejamulya Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap

Syifa, Arsinta (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Belajar Siswa Pada Kelas IV A Di MI Al Ma'arif 01 Rejamulya Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof.K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Syifa Arsinta_Upaya guru dalam meningkatkan karakrer disiplin belajar siswa pada kelas IV A di mi al ma'arif 01 rejamulya_214110405150.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan moralitas melalui kegiatan pengajaran. Salah satu faktor intrinsik yang menentukan berhasil tidaknya proses belajar mengajar adalah motivasi belajar. Dalam kegiatan belajar motivasi merupakan keseluruhan penggerak kegiatan belajar dalam diri seseorang yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar. Bagi seorang yang disiplin, karena sudah menyatu dalam dirinya maka sikap atau perbuatan yang dilakukan bukan lagi diserahkan sebagai beban, namun sebaliknya akan membebani diriya apabila ia tidak berbuat disiplin. Karakter merupakan hal yang sangat diperlukan dalam suatu bangsa dan negara. Hilangnya karakter menyebabkan hilangnya generasi berikutnya karakter menjadi arah dan kekuatan yang menjaga agar bangsa ini tidak goyah. Disiplin merupakan modal utama untuk mencapai kesuksesan. Dengan kedisiplinan seseorang menjadi terbiasa dengan hal-hal yang memungkinkan dirinya berkembang, melakukan sesuatu pada waktu yang tepat dan mengembangkan potensi batinnya. Dengan demikian diharapkan peserta didik mampu mengembangkan kepribadian dan memiliki karakter tangguh, mandiri, disiplin, memahami hak dan kewajiban, dan kuat dalam menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MI Al Ma’arif 01 Rejamulya kecamatan kedungreja kabupaten cilacap. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru guru kelas IV A dan siswa. Temuan peneliti ini menjelaskan ada sepuluh upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa pada kelas IV A di MI Al Ma’arif 01 Rejamulya melalui beberapa upaya diantaranya dengan datang sekolah tepat waktu, mentaati aturan sekolah, mengenakan seragam sesuai aturan, mengumpulkan tugas tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket harian dikelas, peraturan, pembiasaan, pemberian tugas, penghargaan dan hukuman. Meningkatkan karakter disiplin pada siswa dibutuhkan upaya yang berkelanjutan bukan hanya dari guru, dan sekolah tetapi juga diperlukan peran orang tua. Peran orang tua dalam meningkatkan karakter disiplin belajar siswa sangat diperlukan sebagai penguat dan penerapan pendidikan karakter yang sudah diterapkan disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Karakter, Upaya
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa Arsinta
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:27
Last Modified: 03 Jan 2025 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28417

Actions (login required)

View Item View Item