ANALISIS EVALUASI PENGGUNAAN PELAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE (PSDS) DALAM MEMPERMUDAH NASABAH BERTRANSAKSI DI PEGADAIAN SYARIAH AJIBARANG BANYUMAS

Lutfiyatul, Umami (2024) ANALISIS EVALUASI PENGGUNAAN PELAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE (PSDS) DALAM MEMPERMUDAH NASABAH BERTRANSAKSI DI PEGADAIAN SYARIAH AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lutfiyatul Umami_ Analisis Evaluasi Penggunaan Pelayanan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) Dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi di Pegadaian Syariah Ajibarang Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penerapan teknologi berbasis aplikasi yang dijalankan oleh Pegadaian Syariah Ajibarang Banyumas pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan nasabah, khususnya dalam bertransaksi. Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service diharapkan dapat memberikan akses yang lebih cepat dan nyaman, sehingga mereka tidak perlu antri di kantor cabang untuk melakukan transaksi. Namun, pada kenyataanya, jumlah nasabah yang memanfaatkan aplikasi ini masih tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pihak Pegadaian Syariah Ajibarang Banyumas melakukan evaluasi terhadap penggunaan aplikasi PSDS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data bersumber dari hasil wawancara dengan pengelola keuangan dan penaksir Pegadaian Syariah Ajibarang Banyumas. Sumber data lainnya dari observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai evaluasi penggunaan pelayanan aplikasi PSDS dalam mempermudah nasabah bertransaksi. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti pedoman Miles dan Huberman yang terdiri reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa proses evaluasi yang dilakukan Pegadaian Syariah Ajibarang Banyumas terdiri dari menentukan topik evaluasi, merancang kegiatan evaluasi, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, dan pelaporan hasil evaluasi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa terdapat alasan nasabah belum memanfaatkan aplikasi PSDS, yakni faktor usia, keterbatasan teknologi, dan masalah teknis pada sistem atau aplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pegadaian Syariah, Evaluasi Layanan, Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Lutfiyatul Lutfiyatul Umami
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:23
Last Modified: 03 Jan 2025 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item View Item