Sekar Ayu, Ameliya (2024) KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SEKAR AYU AMELIYA_KESIAPAN GURU DALAM MENGIMLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perubahan kurikulum merupakan hal yang wajar terjadi untuk menuju perkembangan yang lebih baik. Disamping perubahan kurikulum perlu adanya kesiapan guru untuk mendukung pendidikan. Kesiapan guru merupakan kunci pembelajaran. Namun masih banyak ditemukan permasalahan terhadap kesiapan guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MI Muhammadiyah Toyareka dari segi 1) kesiapan sikap 2) kesiapan kognitif dan 3) kesiapan perilaku guru. Penelitian menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru serta siswa kelas I, II, IV dan V. Teknik menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI Muhammadiyah Toyareka memiliki kesiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka namun belum secara utuh, yang dilihat dari 3 indikator kesiapan yakni: 1) kesiapan sikap, guru memiliki minat serta motivasi sebagai perasaan suka dan tekad yang kuat untuk meningkatkan hasil dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, terdapat juga pemetaan kesiapan guru, 2) kesiapan kognitif, guru telah memahami konsep kurikulum merdeka, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian namun belum secara utuh. 3) kesiapan perilaku, guru sudah mampu dalam penilaian pembelajaran, namun dari perencanaan, pelaksanaan serta penggunaan sarana prasarana dalam pembelajaran guru masih terdapat kendala dan memerlukan pelatihan serta dorongan dari pihak madrasah agar dapat memaksimalkan penerapan kurikulum merdeka di MI Muhammadiyah Toyareka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | SEKAR AYU AMELIYA |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 02:22 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 02:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |