IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BANYUMAS

Zahroh Chindy Putri, Wahyuningtyas (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS ZAHROH CHINDY PUTRI WAHYUNINGTYAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam sekarang ini kurang bisa mendorong peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan. Padahal Pendidikan Agama Islam tidak hanya berorientasi pada penguasaan materi saja, melainkan harus mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Melalui model problem based learning (PBL) diharapkan peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya meliputi guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu implementasi model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan-tahapan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks yang termuat dalam model problem based learning (PBL) meliputi mengorientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta evaluasi pemecahan masalah. Model ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mana nampak dari empat indikator, yakni peserta didik mampu merumuskan permasalahan, berpendapat, melaksanakan evaluasi sesuai kenyataan dan memberikan alternatif, serta mampu memberikan solusi. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahroh Chindy Putri Wahyuningtyas
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:12
Last Modified: 24 Dec 2024 08:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item