STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNANETRA DI SLBN PURBALINGGA

Anggun, Safera (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNANETRA DI SLBN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANGGUN SAFERA_STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK TUNANETRA DI SLBN PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan agama islam bagi anak tunanetra di SLBN Purbalingga. Anak tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam Indera penglihatannya. Dengan adanya Strategi diharapkan pembelajaran dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan yang dicita-cita kan. Strategi Pembelajaran sangatlah penting digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat membantu guru dalam proses mengajar sehingga peserta didik akan lebih mudah menerima materi yang telah disampaikan oleh guru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dimana peneliti menggambarkan strategi yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas 5 tunanetra SLBN Purbalingga. Penulis mengumpulkan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan juga wawancara. Dalam metode ini, subjek dari penelitian ini yaitu bapak Syaeful, S.Pd selaku guru PAI dan juga kepala SLBN Purbalingga yaitu Ibu Sri Asih Harlami, S.Pd. Dalam teknik analisis data menggunakan beberapa teknik seperti reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaranya, guru menggunakan pendekatan klasikal. Adapun strategi pembelajarannya yaitu yang pertama, strategi pembelajaran langsung dipadu dengan mengunakan metode demonstrasi, metode drill dan metode melalui penggunaan audio. Kedua, strategi pembelajaran tidak langsung dipadu dengan menggunakan metode eksplorasi mandiri dan metode pemberian tugas. Ketiga, strategi pembelajaran interaktif dipadu dengan menggunakan metode bermain peran, metode kuis interaktif dan metode diskusi. Keempat, dipadu strategi pembelajaran melalui pengalaman dengan menggunakan metode keteladanan. Dan yang terakhir strategi pengajaran huruf hijaiyah braille dipadu dengan menggunakan metode pengajaran multisensori. Hasil implikasi dari penggunaan strategi pembelajaran Pendidikan agama islam bagi anak tunanetra menjadikan anak lebih mudah dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Tunanetra
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggun Safera
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:35
Last Modified: 24 Dec 2024 04:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28330

Actions (login required)

View Item View Item