Pengembangan Ranah Afektif Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah AjibarangKabupaten Banyumas

Reno Rezita Aprilia, 1323301234 (2017) Pengembangan Ranah Afektif Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah AjibarangKabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
RENO REZITA APRILIA_PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah didalam setiap pembelajaran memiliki indikator ketercapaian atau keberhasilan masing-masing, khususnya ditinjau pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Akan tetapi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk saat ini baru menyentuh pada ranah kognitif yaitu sebatas pada penguasaan materi saja selain itu pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang diminati oleh peserta didik karena bersifat monoton atau menjenuhkan dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif sehingga menjadi penyebab peserta didik pasif atau tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Pengembangan Ranah Afektif Pada Pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ajibarang dapat dikatakan belum sepenuhnya optimal mengarah pada pembelajaran aktif serta memberikan minat belajar bagi peserta didiknya. Persoalan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan ranah afektif pada pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ajibarang dengan meninjau penyebab belum optimalnya, dan upaya apa yang dilakukan guru agama Islam di SMP Muhammadiyah Ajibarang agar pengembangan ranah afektif pada pembelajaran PAI tercapai secara optimal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Ajibarang Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menganalisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Ranah Afektif pada Pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ajibarang yang ditinjau dari lima tataran afektif yaitu receiving, responding, valuing, organization dan characterization, dengan melalui suatu usaha atau upaya guru rumpun PAI di SMP Muhammadiyah Ajibarang, berikut upaya yang dilakukan berupa program kegiatan pembinaan keagaamaan meliputi kegiatan berdo’a bersama sebelum dan sesudah pelajaran, tadarus al-Qur’an, baca tulis al-Qur’an, hafalan Juz 30, sholat dhuhur dan sholat dhuha berjamaah dan infaq Jum’at. Meninjau dari upaya tersebut diharapkan dapat tercapai perkembangan ranah afektif peserta didik pada pembelajaran PAI sesuai indikator yang hendak dicapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Ranah Afektif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:40
Last Modified: 04 Sep 2017 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item