EFEKTIVITAS MEDIA DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH ISTIMA' SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS

Tria, Alifa (2024) EFEKTIVITAS MEDIA DUOLINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH ISTIMA' SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tria Ratih Alifa_Efektivitas Media Duolingo Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Istima' Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Ajibarang Banyumas.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media Duolingo dalam meningkatkan kemampuan maharah istima’ siswa kelas VIII MTs Ma’arif Nu 1 Ajibarang Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen one grup time series designdengan hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol.Objek penelitian ini diambil dari populasi siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas yang berjumlah 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 40 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen pada penelitian ini diuji melalui uji validitas empiris dan reliabilitas. Metode pengumpulan data adalah tes yang diujikan sebanyak dua kali dengan menggunakan materi Mufradat dan As-Sa'ah. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 30.0 for Windows. Dari tabel uji paired sample t-test yang diujikan pada instrumen tes, diperoleh bahwa hasil uji paired sample t-test menunjukkan thitung sebesar -6,744 dengan nilai signifikansi <0,001. Menurut aturan pengambilan keputusan pada uji paired sample t-test, jika nilai signifikansi <0.05, maka dianggap efektif. Dari aturan pengambilan keputusan tersebut diperoleh nilai signifikasi dari data di atas adalah <0,001 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha dapat diterima. Keputusan tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siswa dalam kemampuan maharah istima’ sebelum dan sesudah diberi perlakuan atau treatment menggunakan media Duolingo. Namun, jika dilihat dari rata-rata N-Gain Score antara nilai pre test dan post test yaitu 0,2792. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat keefektifan penggunaan media Duolingo dikatakan rendah sesuai dengan kriteria Gain ternomalisasi. Dengan demikian, penggunaan media Duolingo efektif dalam meningkatkan kemampuan maharah istima’ siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas Tahun pelajaran 2024/2025 namun tingkat keefektifannya rendah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat media Duolingo dalam meningkatkan kemampuan maharah istima’siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas, yaitu, untuk faktor pendorongnya yaitu game edukatif yang menarik, interaktif dan adanya feedback secara langsung, fleksibel. Dan untuk faktor penghambatnya, yaitu hanya tersedia versi online dan keterbatasan dalam konten audio. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of Duolingo media in improving the ability of maharah istima' of class VIII students of MTs Ma'arif Nu 1 Ajibarang Banyumas. This research is a quantitative study with a quasi-experimental research design of one group time series design by using only one class, namely the experimental class without a control class.The object of this study was taken from the population of class VIII students of MTs Ma'arif NU 1 Ajibarang Banyumas, totaling 67 students. Sampling was done randomly using the Slovin formula so that 40 samples were obtained. Data collection techniques used include tests, observations, interviews, and documentation. The validity of the instrument in this study was tested through empirical validity and reliability tests. The data collection method was a test that was tested twice using Mufradat and As-Sa'ah materials. Data analysis techniques in this study used SPSS 30.0 for Windows software. From the paired sample t-test test table tested on the test instrument, it was found that the paired sample t-test test results showed a tcount of -6.744 with a significance value of <0.001. According to the decision-making rules in the paired sample t-test test, if the significance value is <0.05, it is considered effective. From the decision-making rules, the significance value of the data above is <0.001 <0.05, so it can be concluded that Ho is rejected while Ha can be accepted. The decision shows that there is an increase in students in the ability of maharah istima' before and after being given treatment or treatment using Duolingo media. However, when viewed from the average N-Gain Score between the pre-test and post-test scores is 0.2792. This shows that the level of effectiveness of the use of Duolingo media is said to be low in accordance with the criteria for Numerized Gain. Thus, the use of Duolingo media is effective in improving the ability of maharah istima' of class VIII students at MTs Ma'arif NU 1 Ajibarang Banyumas in the 2024/2025 academic year but the level of effectiveness is low. While the supporting and inhibiting factors of Duolingo media in improving the ability of maharah istima' class VIII students of MTs Ma'arif NU 1 Ajibarang Banyumas, namely, for the driving factors, namely educational games that are interesting, interactive and direct feedback, flexible. And for the inhibiting factors, namely only the online version is available and limitations in audio content.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efektivitas, Media Duolingo, Peningkatan Kemampuan maharah istima' Keywords: Effectiveness, Duolingo, Improvement of maharah istima' Ability
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tria Ratih Alifa
Date Deposited: 23 Dec 2024 01:17
Last Modified: 23 Dec 2024 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item