EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PARTISIPASI BELAJAR KELAS V SD NEGERI 1 PURWANEGARA

Amelia, Amelia (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PARTISIPASI BELAJAR KELAS V SD NEGERI 1 PURWANEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amelia_Efektivitas Penggunaan Media Genially dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Partisipasi Belajar Kelas V SD Negeri 1 Purwanegara.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat menciptakan berbagai sarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Pengembangan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kreativitas dan inovasi siswa, dan menciptakan aktivitas belajar yang lebih relevan. Dengan begitu kemampuan berpikir dan partisipasi belajar siswa meningkat sehingga membuahkan kualitas siswa unggul yang siap bersaing menghadapi tantangan zaman. Media Genially menjadi salah satu media interaktif yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media Genially dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving dan partisipasi belajar kelas V SD Negeri 1 Purwanegara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Pretest-Posttest Control Group Design yang menggun akan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan angket. Analisis data menggunakan perhitungan statistik N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Genially dalam pembelajaran IPAS efektif dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving dengan hasil N gain sebesar 73% (cukup efektif) untuk kelas eksperimen dan 29% (tidak efektif) untuk kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media Genially dalam pembelajaran IPAS efektif dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan media Genially dalam pembelajaran IPAS efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil N gain sebesar 74% (cukup efektif) untuk kelas eksperimen dan 22% (tidak efektif) untuk kelas kontrol. Maka, penggunaan media Genially dalam pembelajaran IPAS terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar kelas V SD Negeri 1 Purwanegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Genially, Kemampuan Problem Solving, Partisipasi, IPAS
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 572 Human races
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AMELIA AMELIA
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:21
Last Modified: 20 Dec 2024 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item