Lastri, Ratna Sari (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Communications Oriented Pada Kelas Inkluai SD N 01 Tanjung Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Bismillah Rev Skripsi Lastri Paska Munaq.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memaparkan tentang proses implementasi/pelaksanaan metode pembelajaran communications oriented pada pembelajaran PAI kelas VI inklusi di SD N 01 Tanjung Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data, peneliti menggunkan teknik reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarian Kesimpulan (verification). Dalam penelitian ini, penulis berfokus kepada pembelajaran PAI di kelas VI. Didalam kelas VI inklusi SD N 01 Tanjung Purwokerto dengan jumlah 24 siswa yang diampu oleh satu guru mata pelajaran PAI. Dalam proses implementasi pembelajaran menggunakan metode communications oriented dimulai dengan proses perancangan/perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada proses perencanaan yaitu dengan menyusun dan menyiapkan RPP, menentukan materi dan media pembelajaran. Pada proses pelaksanaan, metode pembelajaran communications oriented ini terdiri dari proses diskusi, presentasi, dan praktik komunikatif. Pada proses evaluasi dilakukan penlaian sama seperti pembelajaran lainnya, yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Communications Oriented, Implementasi, Kelas Inklusi |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lastri Ratna Sari |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 06:49 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 06:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |