ZAHRA ALIYAH, RAHMAH (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA KARYA ALVI SYAHRIN SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
ZAHRA ALIYAH RAHMAH_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA KARYA ALVI SYAHRIN SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Nilai-nilai pendidikan Islam merupakan nilai yang mengarahkan individu dalam berpikir, berperilaku, maupun berinteraksi, dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah. Nilai-nilai pendidikan Islam mencakup 3 pilar penting yakni, nilai pendidikan akidah, akhlak, dan ibadah. Nilai-nilai tersebut dapat turut serta membantu seseorang agar memiliki iman yang kokoh serta berakhlak mulia, baik pada Allah, sesama manusia maupun pada diri sendiri. Hal tersebut menjadikan nilai-nilai pendidikan Islam penting untuk diajarkan sedini mungkin pada peserta didik, sebagai bekal kelak dalam menjalankan kehidupan. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dapat dilakukan salah satunya melalui penggunaan sumber maupun media pembelajaran berupa buku nonfiksi. Buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa adalah buku dengan tema self-improvment islami yang memuat nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa serta implementasinya dalam desain pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data. Sumber data primer pada penelitian ini berupa buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa karya Alvi Syahrin, sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini yakni data yang terdapat pada Al-Qur’an Kemenag RI edisi penyempurnaan 2019 serta buku PAI dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK kelas X yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek tahun 2021. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Menemukan 3 bentuk nilai-nilai pendidikan Islam pada buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai pendidikan akidah, akhlak, dan ibadah. 2) Desain pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam bentuk modul ajar dengan menggunakan buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa sebagai sumber maupun media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai pendidikan Islam, Buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa, Desain Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ZAHRA ALIYAH RAHMAH |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 04:38 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 04:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |