Romadhon, Firmansyah Dwi (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM BIDADARI BERMATA BENING KARYA MOHAMMAD FARID DERMAWAN DAN RELEVANSI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Firmansyah Dwi Romadhon_Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Bidadari Bermata Bening Karya Mohammad Farid Dermawan dan Relevansi Terhadap Pendidikan Islam.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam tidak hanya dipahami sebagai metode pembelajaran yang dapat memperkaya ilmu pengetahuan dengan latar belakang keaagamaan, namun bisa dipahami juga sebagai sebagai sumber nilai sekaligus program studi, dalam artian pendidikan Islam ditawarkan oleh penyelenggara dengan cita-cita, semangat berdasarkan sumber nilai dan program studi. Pada era digitalisasi saat ini, semua elemen kehidupan manusia dapat di-input dalam sistem teknologi, dan dunia pendidikan sangat terpengaruhi dengan adanya kemudahan tersebut, banyak metode pendidikan yang pada akhirnya tercipta dengan media yang lebih canggih. Film menjadi salah satu contoh media saat ini yang memiliki dampak positif bagi pelajar. Terdapat banyak film yang mengajarkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam penyampaiannya seperti di dalam film Bidadari Bermata Bening. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dan relevansi dalam film bidadari bermata bening karya Mohammad Farid Dermawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan teknik observasi dan dokumentasi pada film, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis isi. Hasil penelitian mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film bidadari bermata bening karya Mohammad Farid Dermawan yaitu, pertama nilai akidah meliputi beriman kepada Allah yang meliputi mengucap kalimat istirja, masya Allah, insya Allah, mengucap salam dan menjawab salam, menyerahkan urusan hidup, menjauhi larangan-Nya dengan menjaga pandangan, tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Beriman kepada Nabi dengan bersholawat. Beriman kepada qada dan qadar yang meliputi takdir kematian, urusan jodoh dan mempercayai takdir. Kedua nilai ibadah yang meliputi berdo’a sebelum tidur, mengerjakan sholat sunnah dan sholat wajib, datang kemajelis ilmu, berdo’a kepada Allah, membaca Al-Qur’an, bertaubat dan menikah. Ketiga nilai akhlak yang meliputi berbakti kepada orang tua, berbakti kepada suami, mencium tangan orang tua, menolong orang lain, dan memaafkan kesalahan. Relevansi terhadap pendidikan Islam, yaitu: Pertama, relevansi terhadap kurikulum, meliputi: a. Pengembangkan materi pembelajaran, b. Peningkatan relevansi, c. Pembaharuan metode pembelajaran. Kedua, relevansi terhadap PBM (proses belajar mengajar), meliputi: a. Penguatan nilai karakter, b. Meningkatkan motivasi belajar, c. Mendorong berfikir kritis. Ketiga, relevansi terhadap peran guru, meliputi: a. Sebagai fasilitator, b. Sebagai model, c. Sebagai pengembang kurikulum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Firmansyah Dwi Romadhon |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 01:17 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 01:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |