MANAJEMEN PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK IT CITA MULIA AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Neli, Nafihah (2024) MANAJEMEN PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK IT CITA MULIA AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Neli Nafihah_Manajemen Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di TK IT Cita Mulia Ajibarang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan nilai moral dan agama pada anak usia dini harus melihat tahap perkembangan anak. Menanamkan nilai moral dan agama pada anak dapat di wujudkan dengan keikutsertaan dalam kegiatan disekolah, anak akan medapatkan pengalaman nyata yang diiberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini melalui metode bercerita. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menyajikan analisis terhadap teori yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah guru kelas kelompok A, peserta didik, dan kepala sekolah. Penulis menggunakan tehnik pengumpulan data diantaranya: observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelaksanaan pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini menggunakan metode bercerita di TK IT Cita Mulia Ajibarang dilaksanakan dengan tiga tahapan. Pertama, perencanaan pembelajaran bercerita diawali dengan menyusun kurikulum, rencana pembelajaran semester, rencana pembelajaran mingguan, dan rencana pembelajaan harian. Kedua, Pelaksanaan pengembangan nilai moral dan agama melalui metode bercerita dengan tiga tahapan yaitu Pembukaan, Kegiatan Inti, dan Penutup. Ketiga, evaluasi pengembangan nilai moral dan agama melalui metode bercerita yaitu dengan melakukan observasi pada kegiatan pengembangan. Ada dua faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai moral dan agama anak yaitu faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Nilai Moral Dan Agama, Anak Usia Dini, Metode Bercerita
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Neli Nafihah
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:35
Last Modified: 09 Dec 2024 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item View Item