INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG BANYUMAS

RIZKI, NURWAHYUNI (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI NURWAHYUNI_1917402324.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai- nilai moderasi beragama merupakan pendalaman atau doktrin pemikiran moderat dalam beragama yang bisa diterapkan pada siswa pada pembelajaran PAI dan BP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang internalisasi nilai-nilai modersi beragama pada pembelajaran PAI dan BP di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini ialah lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Obyek Penelitian ini adalah data dan informasi mengenai topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan dalam proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI dan BP di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng melalui (1) Menciptakan suasana pembelajaran yang komunikatif, (2) Pengembangan bahan ajar, (3) Pengembangan strategi pembelajaran, (4) Pengembangan pai berbasis moderasi melalaui budaya sekolah, (5) Pengembangan pai berbasis moderasi melalui budaya kelas, (6) Peran guru pai dalam penguatan moderasi beragama, (7) pembiasaan keagamaan yang dirutinkan. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI dan BP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isnaini Putranti
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:30
Last Modified: 09 Dec 2024 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28187

Actions (login required)

View Item View Item