IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS INKLUSI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Zharla Maheswari, Kundaliningtyas (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS INKLUSI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZHARLA MAHESWARI K_214110402331_7 PAI E.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS INKLUSI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO Zharla Maheswari K 214110402331 ABSTRAK Problematika utama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas inklusi yakni kesulitan dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa reguler dan berkebutuhan khusus secara seimbang. Adanya masalah tersebut menjadikan ketertarikan peneliti untuk mengkaji penelitian terkait implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran PAI di kelas inklusi SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Model CIRC dipilih karena pendekatannya yang kolaboratif, memungkinkan siswa dengan kemampuan beragam untuk belajar bersama melalui aktivitas membaca dan menulis secara terintegrasi. Proses pembelajaran melibatkan pembentukan kelompok heterogen, diskusi materi berbasis teks bacaan yang diberikan oleh pendidik dalam diskusi meliputi kegiatan membaca, menulis, memahami, kemudian menyampaikan hasil diskusi, serta evaluasi bersama. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran PAI di kelas inklusi SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CIRC dapat berdampak positif mampu meningkatkan pemahaman materi PAI serta keterampilan sosial siswa, baik reguler maupun berkebutuhan khusus. Penelitian ini merekomendasikan model CIRC sebagai solusi inovatif untuk pembelajaran inklusif khususnya pada mata pelajaran PAI. . Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, pembelajaran inklusi, Pendidikan Agama Islam, penerapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, pembelajaran inklusi, Pendidikan Agama Islam, penerapan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zharla Maheswari Kundaliningtyas
Date Deposited: 06 Dec 2024 06:33
Last Modified: 06 Dec 2024 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28174

Actions (login required)

View Item View Item