PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI & BP DI SMA NEGERI 1 CILACAP

Dzulfikri, Hidayat (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI & BP DI SMA NEGERI 1 CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DZULFIKRI HIDAYAT_PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI & BP DI SMA NEGERI 1 CILACAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat belajar dan self-regulated learning merupakan faktor krusial dalam keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada pengaruh kedua faktor tersebut terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) di SMA Negeri 1 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar PAI & BP; (2) menganalisis pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar PAI & BP; dan (3) menganalisis pengaruh gabungan minat belajar dan self-regulated learning terhadap hasil belajar PAI & BP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Sampel penelitian terdiri dari 200 siswa yang dipilih dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket yang mengukur minat belajar dan kemampuan self-regulated learning siswa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis menunjukkan minat belajar dan self-regulated learning secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI & BP. Baik secara parsial maupun simultan, variabel minat belajar dan self-regulated learning mampu menjelaskan variasi dalam variabel hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan self-regulated learning memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI & BP. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan minat belajar dan membekali siswa dengan keterampilan self-regulated learning perlu menjadi perhatian dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, self-regulated learning, hasil belajar, PAI & BP, SMA.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DZULFIKRI HIDAYAT
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:45
Last Modified: 06 Dec 2024 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28169

Actions (login required)

View Item View Item