STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PERMAINAN EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO

Aisyah Puan, Maharani (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PERMAINAN EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aisyah Puan Maharani_Strategi Pembelajaran Aktif Melalui Permainan Edukatif Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Purwokerto.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran aktif urgent di era sekarang karena membantu proses kegiatan belajar – mengajar dengan tujuan memberdayakan siswa supaya belajar aktif dengan berbagi cara. Salah satu caranya yaitu dengan melalui permainan edukatif. Permainan edukatif ini merupakan metode yang diterapkan oleh pendidik dalam menyampaikan materi melalui permainan – permainan yang mendidik agar proses pembelajaran peserta didik dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh pendidik dengan cara yang menyenangkan. Tujuan adanya strategi pembelajaran aktif melalui permainan edukatif yaitu untuk memaksimalkan kemampuan yang ada pada diri siswa sehingga seluruh siswa dapat memperoleh hasil belajar secara maksimal dan memahami materi yang telah diajarkan oleh gurunya dengan suasana belajar yang menyenangkan yaitu belajar sambil bermain. Terjadinya masalah proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadikan ketertarikan peneliti untuk melaksanakan penelitian tentang strategi pembelajaran aktif melalui permainan edukatif pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran aktif melalui permainan edukatif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Purwokerto. Subjek penelitian ini meliputi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas X PPLG. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan data, dan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Aktif melalui Permainan Edukatif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Purwokerto telah terlaksana dengan baik dan berhasil sesuai dengan komponen – komponen yang ada dalam pembelajaran. Penggunaan strategi aktif ini guru memberikan Ice breaking untuk siswa dengan melalui sebuah permainan edukatif yaitu Amplop Pintar. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Aktif, Permainan Edukati, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Aktif, Permainan Edukati, PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisyah Puan Maharani
Date Deposited: 02 Dec 2024 03:38
Last Modified: 02 Dec 2024 03:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item