Nasywa Hidayatul, Azkiya (2024) Implementasi Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI_NASYWA HIDAYATUL AZKIYA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi karena metode pengajaran yang digunakan guru kurang menarik seperti ceramah, yang akan membuat siswa kurang semangat. Metode tutor sebaya dianggap sebagai solusi karena dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar melalui pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan yang dihadapi teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan obyek penelitian guru PAI, siswa kelas IX A, dan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 4 Purwokerto. Hal ini dipengaruhi oleh adanya beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami terhadap materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya bisa membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi PAI. Tutor dapat menjelaskan materi dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh siswa, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa dan interaksi sosial. Namun ada beberapa kendala seperti tutor yang kurang percaya diri, suasana kelas menjadi gaduh dan siswa yang kurang serius ketika belajar dari teman sebayanya. Saran peneliti, perlu adanya pelatihan bagi para tutor agar penerapan metode tutor sebaya lebih optimal. Kata kunci: Implementasi, Metode Tutor Sebaya, Mata Pelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Depositing User: | Nasywa Hidayatul Azkiya |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 01:09 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |