ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF OLEH PENGGEMAR K-POP BERDASARKAN TEORI KONSUMSI IMAM AL-GHAZALI (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS K-POP FAMILY PURWOKERTO)

Alifa, Jabal Rahma (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF OLEH PENGGEMAR K-POP BERDASARKAN TEORI KONSUMSI IMAM AL-GHAZALI (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS K-POP FAMILY PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alifa Jabal Rahma_ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF OLEH PENGGEMAR K-POP (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fenomena Korean wave atau Hallyu saat ini sedang sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk di kalangan remaja di Indonesia. Tren ini telah mendorong peningkatan konsumsi di kalangan penggemar K-pop, di mana banyak dari mereka kesulitan untuk membedakan antara kebutuhan yang sebenarnya dan sekadar keinginan untuk mengikuti gaya hidup atau tren yang tengah berlangsung. Aktivitas konsumsi ini meliputi pembelian album, merchandise, pengumpulan photocard, serta menonton konser dan berbagai kegiatan terkait lainnya. Akibatnya, para penggemar sering kali terjebak dalam pola konsumsi berlebihan demi mendukung idola atau meniru budaya yang mereka kagumi. Penelitian ini dilakukan agar mengetahui menjadi penggemar K-Pop dapat mempengaruhi perubahan perilaku konsumtif pada masyarakat di Purwokerto, serta untuk mengetahui perilaku konsumtif penggemar K-pop di Purwokerto berdasarkan teori konsumsi Imam Al-Ghazali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pencarian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini merupakan penggemar K-Pop yang mengikuti komunitas K-Pop Family Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan perilaku konsumtif pada penggemar K-Pop yang ada di Purwokerto dengan melakukan pembelian beberapa barang yang berbau K-Pop secara berlebihan. Selain itu perilaku konsumtif anggota komunitas K-Pop Family Purwokerto belum sepenuhnya selaras dengan prinsip konsumsi menurut Al-Ghazali karena mereka masih mementingkan hawa nafsu dalam membeli suatu barang yang berhubungan dengan K-Pop. Dengan adanya partisipasi dari anggota komunitas dalam kegiatan donasi menunjukkan bahwa adanya upaya untuk menjaga keseimbangan dalam penggunaan harta. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Komunitas K-Pop Family Purwokerto, Teori Konsumsi Perspektif Imam Al Ghazali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Komunitas K-Pop Family Purwokerto, Teori Konsumsi Perspektif Imam Al Ghazali
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alifa Jabal Rahma
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:52
Last Modified: 16 Dec 2024 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item