ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PROGRAM ARISAN BARANG DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Pada Toko Yumna Collection Gumelar Lor Tambak Banyumas)

Tya, Nur Khasanah (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PROGRAM ARISAN BARANG DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Pada Toko Yumna Collection Gumelar Lor Tambak Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TYA NUR KHASANAH_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PROGRAM ARISAN BARANG DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan manusia dapat dipenuhi melalui strategi pemasaran yang efektif, seperti adanya arisan barang. Arisan barang menawarkan manfaat yang yang besar berupa kemudahan dalam membeli barang yang diinginkannya dengan cara dicicil setiap bulannya, karena pembeli terkadang merasa keberatan ketika harus membayar tunai dalam satu waktu. Degan adanya arisan barang, pembeli dapat mengatasi permasalahan ini dengan cara mencicil biaya barang dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan pada arisan. Oleh karenanya arisan barang menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari wawancara dengan pemilik dan anggota arisan. Data sekunder penelitian berasal dari buku, jurnal terkait, catatan tulisan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa arisan barang dapat meningkatkan penjualan melalui bauran pemasaran, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion) terutama pada strategi promosi. Strategi promosi yang dilakukan oleh Toko Yumna Collection secara online melalui WhatsApp dan Facebook, tidak hanya itu Toko Yumna Collection juga menawarkan kepada kerabat, teman dekat, dan juga tetangga sekitar. Praktik arisan barang pada toko Yumna Collection menggunakan akad jual beli, dimana jual beli merupakan perjanjian tukar menukar barang dengan uang dengan berdasarkan suka sama suka tidak ada unsur paksaan dari pihak luar. Dalam pratiknya semua anggota arisan terikat pada sistem jual beli barang, dimana para anggota menyepakati ketentuan yang digunakan oleh owner arisan (pemilik toko). Dalam pelaksanaan arisan barang yang dilakukan oleh Toko Yumna Collection tetap berlandaskan pada akad jual beli, namun dalam pelaksanaanya tetap menggunakan akad qard (utang piutang) tanpa adanya bunga, yang memungkinkan peserta mendapatkan barang dengan cara membayar secara dicicil tanpa adanya biaya tambahan (riba). Dengan demikian prinsip ekonomi Islam tetap terjaga, dan sekaligus memberikan kemudahan bagi peserta dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Arisan Barang, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: TYA NUR KHASANAH
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:18
Last Modified: 20 Nov 2024 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item