PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK (Studi kasus pengguna aplikasi Gojek Generasi Z di Purwokerto)

AHMAD, ‘ABDUL MAJID (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK (Studi kasus pengguna aplikasi Gojek Generasi Z di Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi semakin melesat, sehingga berdampak pada bidang ekonomi terutama bagi perusahaan transportasi, salah satunya adalah Gojek. Gojek merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Indonesia yang mengandung konsep teknologi yang menyediakan layanan jasa berbasis aplikasi online. Aplikasi tersebut telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan Generasi Z. Generasi Z adalah Gen yang tumbuh erat dengan perkembangan teknologi membuat Gen Z terbiasa hidup dan dimudahkan dalam berbagai hal karena semua dapat diakses melalui smartphone, Di Purwokerto Gojek memiliki citra merek yang kuat bagi pelanggan. Dengan adanya layanan Gojek mempermudah pelanggan dikarenakan pembayarannya bisa menggunakan uang tunai maupun top up Go Pay sehingga lebih praktis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pelanggan Gojek pada Generasi Z di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Gojek Generasi Z di Purwokerto. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 400 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan NonProbability Sampling dan dihitung menggunakan Rumus Lemeshow. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi dengan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Gojek Generasi Z di Purwokerto. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang dapat memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pengguna aplikasi Gojek Generasi Z Purwokerto sehingga menghasilkan penelitian yang lebih baik lagi. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan. vi THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, PRICE, AND CONSUMER SATISFACTION ON CUSTOMER LOYALTY OF GOJEK ONLINE TRANSPORTATION SERVICES (Case study of Gojek Generation Z application users in Purwokerto) AHMAD ‘ABDUL MAJID NIM.1917201212 Email: [email protected] Sharia Economics Study Program, Department of Islamic Economics and Finance, Faculty of Islamic Economics and Business, Prof. KH Saifuddin Zuhri State Islamic University Purwokerto ABSTRACT Technological developments are increasingly rapid, so that they have an impact on the economic sector, especially for transportation companies, one of which is Gojek. Gojek is a company from Indonesia that contains a technology concept that provides online application-based service services. The application has become an inseparable part of Generation Z's life. Generation Z is a Gen that grows closely with technological developments, making Gen Z accustomed to living and being facilitated in various ways because everything can be accessed via smartphone. In Purwokerto, Gojek has a strong brand image for customers. With the Gojek service, it makes it easier for customers because payments can be made using cash or Go Pay top ups, making it more practical. The purpose of this study was to determine the effect of service quality, price, and customer satisfaction on customer loyalty of Gojek customers in Generation Z in Purwokerto. This study uses a quantitative method. The population in this study were Gojek Generation Z customers in Purwokerto. Data collected using a questionnaire to 400 respondents. The sampling technique used NonProbability Sampling and was calculated using the Lemeshow Formula. This study was analyzed using the validity test method, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test, t test, f test, and coefficient of determination test with SPSS 26 tools. The results of this study indicate that service quality, price and customer satisfaction both partially and simultaneously have a positive and significant effect on customer loyalty of the Gojek Generation Z application in Purwokerto. Suggestions for further researchers are expected to add other variables that are not studied in this study that can have an influence on Customer Loyalty of Gojek Generation Z Purwokerto application users such as promotion variables, trust, and others so as to produce better research. Keywords: Service Quality, Price, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2024 07:10
Last Modified: 21 Nov 2024 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item