PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, PERSEPSI RESIKO, DAN PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI KOTA PURWOKERTO

VINA, OKTAVIA (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, PERSEPSI RESIKO, DAN PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI KOTA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vina Oktavia_Pengaruh Kepercayaan Diri, Persepsi Resiko, dan Perkembangan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa di Kota Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang terus meningkat tetapi tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan menyebabkan tingginya angka pengangguran yang berujung pada meningkatnya angka kemiskinan. Dalam bidang pendidikan saat ini hampir setiap universitas memiliki mata kuliah dan program kewirausahaan dengan harapan dapat menjadi agen perubahan di masa mendatang agar jumlah wirausahawan semakin banyak di Indonesia. Begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha beberapa diantaranya ada kepercayaan diri, persepsi resiko, dan media sosial. Kepercayaan diri merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap suatu hal, faktor ini penting dalam berwirausaha yang akan menunjukkan keyakinan seseorang untuk sukses berwirausaha. Kemudian, persepsi resiko juga berkaitan erat dengan tanggung jawab dan keberanian menghadapi resiko wirausaha. Perkembangan media sosial juga di era digital akan memudahkan dalam berwirausaha karena informasi yang beragam mudah didapat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan Diri, Persepsi Resiko, dan Perkembangan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha pada mahasiswa di kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling yang melibatkan 100 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner (angket), data di olah menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan softwear SPSS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan pada variabel Kepercayaan Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa. Variabel Persepsi Resiko tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Kemudian pada variabel Perkemabangan Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Persepsi Resiko, Media Sosial, dan Wirausaha
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vina Oktavia
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:23
Last Modified: 14 Nov 2024 06:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28061

Actions (login required)

View Item View Item