PENGARUH KEMUDAHAN DAN GAYA HIDUP DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Lina Rizqi, Amelia (2024) PENGARUH KEMUDAHAN DAN GAYA HIDUP DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Lina Rizqi Amelia_Pengaruh Kemudahan dan Gaya Hidup Digital Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Pada Generasi Z di Kabupaten Banyumas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Paylater yaitu sistem pembayaran yang menawarkan angsuran tanpa menggunakan kartu kredit. Antusias masyarakat dengan hadirnya teknologi paylater dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengguna paylater dari waktu ke waktu. Layanan paylater yang menempati posisi teratas yaitu shopee paylater. Objek yang diteliti oleh peneliti yaitu shopee paylater. Penelitian ini dilakukan karena dilihat dari jumlah pengguna layanan ini sangat banyak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan gaya hidup digital terhadap keputusan penggunaan shopee paylater pada generasi Z di Kabupaten Banyumas dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu generasi Z di Kabupaten Banyumas, dengan sampel penelitian generasi Z yang menggunakan shopee paylater sebanyak 400 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan yaitu Uji Interaksi (Moderated Regression Analysis/MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan, gaya hidup digital dan religiusitas secara parsial berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopee paylater. Dan variabel kemudahan, gaya hidup digital dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopee paylater. Selain itu, kemudahan berpengaruh negatif terhadap keputusan penggunaan shopee paylater dengan religiusitas sebagai variabel moderasi sedangkan gaya hidup digital tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan shopee paylater dengan religiusitas sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shopee Paylater, Kemudahan, Gaya Hidup Digital, Religiusitas, Keputusan Penggunaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Lina Rizqi Amelia
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:27
Last Modified: 28 Oct 2024 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27930

Actions (login required)

View Item View Item