Tri, Laelina (2024) Pengembangan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Novel "Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela" Menurut Konsep Pendidikan Islam. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Naskah Tesis Tri Laelina (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini merupakan kemampuan mengatur emosinya dengan cara berpikir melalui ketrampilan yang dimiliki, ketrampilan sadar diri, dan pengendalian diri, serta mempunyai motivasi dan rasa empati yang tinggi dengan lingkungan sekitar. Aspek perkembangan anak salah satunya yaitu perkembangan sosial emosional yang mencakup perilaku anak dalam lingkungannya. Perkembangan sosial emosional berkaitan dengan interaksi. Untuk membangun perkembangan sosial anak adalah dimulai dengan hubungan orang disekitarnya terdahulu, seperti orang tua, pengasuh, dan teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan ketrampilan sosial emosional anak usia dini sesuai dengan novel "Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela" Menurut Konsep Pendidikan Islam, untuk dijadikan pedoman dalam proses mendidik siswa di sekolah tanpa ada paksaan dalam hal pembelajaran, membebaskan siswa untuk bereksplor belajar dan bermain, tidak ada kekerasan terhadap siswa, dan diharapkan bagi orang tua untuk mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini berdasarkan panduan novel Totto-Chan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya termasuk library research dimana sumber diambil buku bacaan anak jenjang anak usia dini. Kemudian penelitian menyajikan data-data sosial emosional anak usia dini dan konsep Islam untuk peningkatan mutu pendidikan. Data primer yang digunakan yaitu buku Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela dan data sekunder yang digunakan berupa buku Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, sejarah dan pengantar ilmu hadist, filsafat dan praktek pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela meliputi: (1) Adanya karakter suka menolong dan mempunyai jiwa kepekaan sosial yang dimiliki tokoh utama yaitu Totto Chan, (2) Totto-Chan berusaha memperbaiki diri dari kesalahan kemarin, (3) Totto Chan sangat menyayangi binatang piaraannya, serta (4) Totto memiliki sifat yang mudah memaafkan. Gage dan Berliner berpendapat jika perubahan perilaku ditentukan oleh faktor eksternal (faktor di luar peserta didik), maka guru lah yang merubah perilaku peserta didik, perilaku mengajar guru menjadi sangat mendominasi dalam proses pembelajaran peserta didik benar-benar menjadi objek. Arti dari belajar yang dijelaskan dalam teori behavioristik itu mengubah tata cara perilaku yang disebabkan adanya komunikasi dengan lawan bicaranya menggunakan stimulus dan respon.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Keterampilan Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela, Pendidikan Islam |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Tri Laelina |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:56 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |