STRATEGI PELAYANAN JAMAAH HAJI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PADA KBIHU NU AL-AROFAT

Yusril, Ihza Abdillah (2024) STRATEGI PELAYANAN JAMAAH HAJI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PADA KBIHU NU AL-AROFAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yusril ihza Abdillah_.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya KBIHU yang ada saat ini, menjadikan mereka saling bersaing untuk menjaring pelanggan sebanyak mungkin. Tidak dapat pungkiri bahwa salah satu faktor yang menjadikan konsumen memilih sebuah perusahaan baik produk maupun jasa adalah mengenai persepsi mereka terhadap perusahaan tersebut. Persepsi masyarakat dari adanya pengalaman, kepercayaan, perasaan, dan pengetahuan masyarakat terhadap perusahaan dinamakan citra positif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui Strategi Pelayanan Jamaah Haji di KBIHU NU A-Arofat dan mengetahui bagaimana KBIHU NU A-Arofat dalam Membangun Citra Positif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di KBIHU NU Al-Arofat Kab. Banyumas. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berupa data primer dan data sekunder. Data-data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data- data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Peneliti menemukan strategi pelayanan jamaah haji di KBIHU NU A-Arofat yaitu: Membuat rencana paket-paket sampai kegiatan perjalanan terinci sebagai strategy is a plan; pelayanan jemput bola sebagai strategy is a play; pendekatan pelayanan keakraban keramahan sebagai strategy as a pattern; pendekatan kemitraan sebagai strategy as a position; dan pendekatan simbol-simbol sosial yang familiar sebagai strategy as a prespective. Sedangkan upaya dalam membangun citra positifnya yaitu: memperhatikan reputasi nilai di sosial media sebagai reputation; nilai budaya dan sikap KBIHU NU A-Arofat yang menjadi simbol religiusitas sebagai value; dan identitas merk KBIHU NU A-Arofat menjadi view utama sebagai corporat identity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Yusril Ihza Abdillah
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:59
Last Modified: 25 Oct 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27909

Actions (login required)

View Item View Item