Pengembangan Kompetensi Professional Guru Melalui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Taman Kanak Kanak Se Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang

Sri, Widhiyanti (2024) Pengembangan Kompetensi Professional Guru Melalui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Taman Kanak Kanak Se Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Masters thesis, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
tesis kirim perpus.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masa usia dini merupakan periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan guna menciptakan sumber daya manusia berkualitas di masa depan. Dalam rangka membentuk generasi yang unggul, diperlukan guru yang memiliki kompetensi diantaranya kompetensi profesional. Guru sebagai pilar pendidikan memegang peranan penting dalam mempengaruhi keberhasilan pendidikan di dalam suatu negara sehingga kemampuan guru hendaknya harus selalu ditingkatkan seiring dengan meningkatnya perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan kinerja dan kompetensi guru dalam berkarya, Kemendikbud menyediakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang didalamnya terdapat fitur-fitur pembelajaran yang dapat mengembangkan kualitas kompetensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, peserta didik, dan Pengawas TK. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Pengembangan Kompetensi Profesional Guru melalui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Taman Kanak Kanak Se Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dilaksanakan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. 2) Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang dilakukan oleh Guru Taman Kanak Kanak Se Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang ini melalui pelatihan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang di bantu oleh tim PKG Kecamatan Cisoka. 3) Hasil pelatihan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang dilaksanakan yaitu guru dapat mengeksplor Platform Merdeka Mengajar yang digunakan sebagai referensi bahan pembelajaran di sekolah. 4) Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru TK Se Kecamatan Cisoka memberikan dampak positif terhadap motivasi dan kinerja mengajar guru. Hal ini ditunjukan dengan berjalannya program merdeka belajar di sekolah dan para guru dapat meningkatkan materi ajar, meningkatkan keterampilan, dan membentuk komunitas belajar antar sesama pendidik yang saling mendukung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sri Widhiyanti
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:17
Last Modified: 25 Oct 2024 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27902

Actions (login required)

View Item View Item