Ais, Chusniati (2024) Hubungan Penggunaan Second Account Instagram Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri dan Pembentukan Konsep Diri Remaja Gen Z di Kota Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Ais Chusniati_Hubungan Penggunaan Second Account Instagram Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri dan Pembentukan Konsep Diri Remaja Gen Z di Kota Purwokerto.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengguna instagram di Indonesia mencapai 100,9 juta per awal tahun 2024 yaitu setara 36,2% dari total populasi penduduk yang membuat Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbanyak keempat di dunia. Peningkatan pengguna ini salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya individu yang memiliki lebih dari satu akun atau mengikuti tren penggunaan second account. Instagram yang awalnya dapat mendorong remaja pada perbandingan sosial, melalui second account tentu dapat menjadi solusi bagi mereka yang merasa kurang nyaman saat menggunakan akun utama untuk tetap bermedia sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan penggunaan second account instagram terhadap tingkat kepercayaan diri, hubungan penggunaan penggunaan second account instagram terhadap pembentukan konsep diri, dan perbedaan hubungan penggunaan second account instagram terhadap tingkat kepercayaan diri dan pembentukan konsep diri remaja gen z di Kota Purwokerto berdasarkan karakteristik gender. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian survei yang berfokus pada remaja gen z sebagai pengguna second account instagram di Kota Purwokerto yaitu berjumlah 96 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner google form dan analisis data menggunakan bantuan SPSS 22 berupa uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui nilai korelasi atau hubungan antar variabel penelitian. Hasil perhitungan pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel = 0,200 pada variabel X terhadap Y1 menunjukkan rhitung = 0,768 > 0,200 sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan second account instagram terhadap tingkat kepercayaan diri. Pada variabel X terhadap Y2 menunjukkan rhitung = 0,604 > 0,200 sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan second account instagram terhadap pembentukan konsep diri. Begitu pula perhitungan berdasarkan karakteristik gender pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel = 0,2845 pada variabel X terhadap Y1 menunjukkan rhitung (laki-laki) = 0,494 dan rhitung (perempuan) = 0,641, serta variabel X terhadap Y2 menunjukkan rhitung (laki-laki) = 0,402 dan rhitung (perempuan) = 0,463. Dengan demikian keseluruhan nilai rhitung > rtabel sehingga terdapat perbedaan hubungan penggunaan second account instagram terhadap tingkat kepercayaan diri dan pembentukan konsep diri berdasarkan karakteristik gender berupa nilai korelasi perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Second Account Instagram, Kepercayaan Diri, Konsep Diri, Remaja Generasi Z, Media Sosial |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.5 Psychology of Young People 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.1 Personal Improvement and Analysis |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ais Chusniati |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:38 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27895 |
Actions (login required)
View Item |