Aulia Dwi, Sosianingsih (2024) Peningkatan Self-Esteem dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Siswa Tunagrahita Ringan di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Aulia Dwi Sosianingsih_Peningkatan Self-Esteem dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Siswa Tunagrahita Ringan di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Self-esteem adalah penilaian atau pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri baik maupun buruk. Rendahnya self-esteem pada siswa tunagrahita ringan seringkali menjadi hambatan dalam pengembangan motivasi belajar. Kondisi ini dapat berdampak negatif pada keberhasilan pendidikan dan kualitas hidup siswa. SMALB C-C1 Yakut Purwokerto, sebagai salah satu lembaga pendidikan khusus, memiliki peran penting dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan self-esteem dalam mengembangkan motivasi belajar pada siswa di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode field research yang akan membutuhkan data primer yang diambil langsung dari tempat penelitian. Sumber data primer didapatkan langsung dari pengamatan perilaku self- esteem 3 anak tunagrahita ringan tersebut, dan 2 guru yang mengajar di kelas X. Kemudian, data sekunder didapatkan dari buku, jurnal dan thesis yang diperkuat melalui wawancara dengan orang tua subjek. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan orangtua sebagai subjek pendukung untuk mengkonfirmasi kebenaran data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Self-esteem pada siswa tunagrahita ringan kelas X di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto terindikasi dua meningkat, sedangkan salah satu self-esteem terindikasi belum meningkat. Begitu pula dengan motivasi belajar dari dua subjek sudah cukup baik, sedangkan motivasi belajar yang dimiliki salah satu subjek belum terlihat secara signifikan. Peningkatan self-esteem dalam mengembangkan motivasi belajar belajar siswa tunagrahita ringan dapat berpotensi dalam meningkatkan motivasi belajar. Penetapan tujuan yang realistis, pemberian penghargaan, dan pengakuan atas usaha siswa merupakan faktor penting dalam meningkatkan self-esteem dan mendorong motivasi belajar pada siswa tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Aulia Dwi Sosianingsih |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |