Implementasi Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Aisyiyah Al Walidah Ajibarang Banyumas

Fatma, Inayah (2024) Implementasi Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Aisyiyah Al Walidah Ajibarang Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fatma Inayah_Implementasi Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Aisyiyah Al Walidah Ajibarang Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial sangat penting bagi anak tunagrahita sedang, yang sering menghadapi tantangan dalam bersosialisasi akibat keterbatasan intelektual. Keterampilan sosial penting bagi anak tunagrahita sedang agar dapat berfungsi mandiri dalam lingkungan sosial dan pendidikan serta membantu mereka untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teknik reinforcement positif dalam meningkatkan keterampilan sosial anak tunagrahita sedang di SLB Aisyiyah Al Walidah Ajibarang Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode filed research yang akan membutuhkan data primer yang akan diambil langsung dari tempat penelitian. Sumber data primer didapatkan langsung dari pengamatan 3 siswa dan 1 guru kelas yang menerapkan teknik reinforcement positif pada siswa tunagrahita sedang di kelas. Kemudian, data sekunder didapatkan dari buku, jurnal, dan thesis. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dimana akan mendeskripsikan implementasi teknik reinforcement positif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak tunagahita sedang di SLB Aisyiyah Al Walidah Ajibatang Banyumas. Pengumpulan data dala penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian yaitu di SLB Aisyiyah Al Walidah Ajibarang yang dilaksanakan pada bulan Agustus hingga oktober 2024. Hasil penelitian didapatkan bahwa teknik yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial di sekolah yaitu teknik reinforcement positif. Teknik reinforcement positif yang diterapkan oleh guru kelas sesuai teori melalui lima tahap yaitu penetapan perilaku positif, pemilihan penguatan positif, menyeleksi penguatan yang akan diterapkan, implementasi, dan evaluasi. Dengan menerapkan teknik implementasi reinforcement positif oleh guru ini keterampilan sosial siswa yang mulanya rendah kini sudah mulai terlihat menunjukkan perubahan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reinforcement positif, keterampilan sosial, tunagrhaita sedang
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fatma Inayah
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:34
Last Modified: 25 Oct 2024 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item