EFEK DISHARMONI KELUARGA PAD ANAK (Studi Kasus pada Anak di Dusun Pangebatan Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah)

EKA PATMAWATI, 1323101015 (2017) EFEK DISHARMONI KELUARGA PAD ANAK (Studi Kasus pada Anak di Dusun Pangebatan Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
EKA PATMAWATI_EFEK DISHARMONI KELUARGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)

Abstract

Sebuah keluarga dikatakan harmonis apabila struktur keluarga utuh dan interaksi diantara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya berjalan dengan baik, artinya hubungan psikologis diantara mereka cukup memuaskan dirasakan oleh semua anggota keluarga. Apabila struktur keluarga sudah tidak utuh lagi di sebabkan oleh kematian dari salah satu anggota keluarga atau perceraian maka bisa jadi keluarga tidak harmonis lagi. Berdasarkan latar belakang, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana efek disharmoni yang ditimbulkan pada anak dan apa saja efek dari doisharmoni terhadap anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Studi kasus yaitu, menurut Suharsimi Arikunto penelitian studi kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak yang mengalami disharmoni pada keluarganya. Objek penelitian ini adalah keluarga disharmoni. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis meggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalahEfek psikologi, dari keempat subjek diatas memiliki banyak kesaamaan yang mereka rasakan dalam hidupnya, kurang kasih sayang membuat mereka memberontak menjadikan mereka sebagai pusat perhatian keluarga dan masyrakat di sekitarnya. Efek Sosial, dari keempat subjek diatas tiga dari empat itu tidak menyukai bersosialisai dengan lingkungan sekitar bahkan menuutp dirinya kepada orang lain. Salah satu gubjek berhasil menajdi anak yang mau bersosialisai meskipun kepribadian dia tertutup tapi dia mampu untuk berbaur dengan masyrakat. Efek Pendidikan, dari keempat subjek diatas satu dari empat subjek berhasil menjadi anak yang berpresatasi dan terkenal beik dilaingkungan sekolah bahkan bisa menjadi kebanggan sekolahnya. Sednagkan ketiga sebubjek yang lain tidak memliki pretasi yang bisa membanggakna bagi dirinya, keluarga, dan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak, Keluaraga, Disharmoni
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:44
Last Modified: 31 Aug 2017 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item