Catur, Wijayanti (2024) Analisis Kemampuan Kreativitas dan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto. Masters thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Catur Menik Wijayanti_Analisis Kemampuan Kreativitas dan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Melalui Media Loose Parts.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pengalaman positif dalam mengembangkan kemampuan kreativitas dan keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak akan menjadikan anak cenderung menjadi pribadi yang lebih adaptif. Dalam kontek pembelajaran anak usia dini, konsep loose parts menekankan penggunan beragam objek dan meterial alami maupun buatan manusia, seperti batu-batuan, kayu, daun, kain, mainan manipulatif, serta benda- benda sehari-hari lainnya yang aman bagi anak. Terkait peggunaan loose parts pada pendidikan anak usia dini meliputi kreativitas dan imajinasi, pembelajaran terbuka, serta pengembangan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan kreativitas anak usia dini dalam pembelajaran melalui media loose parts,perkembangan keterampilan sosial anak usia dini dalam pembelajaran melalui media loose parts,pernggunaan media loose parts dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan sosial pada anak usia dini Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tempat penelitian yang penulis ambil adalah d TK IT Harapan Bunda Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur kabupaten Banyumas Provinsi Jawa tangah dengan obyek penelitian adlah kepala sekolah, guru, dan siswa TK IT Harapan Bunda Purwokerto.Sumber dan data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, veifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini yakni, Pertama, aktivitas menggunakan media loose parts meningkatkan kreativitas anak. Anak-anak menunjukkan kreatif dalam memecahkan masalah, membuat ide baru dan mengembangkan sesuatu yang bersifat orisinil. Kedua, keterampilan sosial anak mengalami perkembangan yang signifikan. Anak-anak dimotivasi untuk bekerjasama, berbicara, dan berbagi ide dengan teman sebanyanya melalui aktivitas dengan media loose parts. Kata Kunci: Kreativitas, Keterampilan Sosial, Loose Parts
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Keterampilan Sosial, Loose Parts |
Subjects: | 700 The arts > 707 Education, research, related topics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Catur Menik Wijayanti |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27831 |
Actions (login required)
View Item |