Erzha, Azhari (2024) STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DI BALAI PARAS SATRIA PURWOKERTO DENGAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
skripsi erzha azhari_STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DI BALAI PARAS SATRIA PURWOKERTO DENGAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN%22.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Meningkatnya persaingan di industri barbershop akibat perubahan gaya hidup dan tren perawatan diri di Indonesia. Banyak barbershop baru bermunculan dengan menawarkan berbagai inovasi pelayanan untuk menarik pelanggan. Hal ini menuntut tempat pangkas rambut seperti Balai Paras Satria Meskipun memiliki tampilan yang klasik, Balai Paras Satria berhasil bersaing dengan barbershop modern dan mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh Balai Paras Satria mempertahankan eksistensi usahanya melalui peningkatan kualitas pelayanan dan untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan yang ada di Balai Paras Satria Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reserch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dengan pemilik balai paras, pelanggan dan data sekunder yang diambil dari review google map, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi Berdasarkan hasil penelitian, Balai Paras Satria menggunakan strategi biaya rendah, diferensiasi, dan fokus sesuai dengan teori strategi generik. Mereka menawarkan pengalaman unik dengan banyaknya kursi dan ruangan, area parkir luas, penerima tamu, dan tradisi memakai jersey bola. Harga yang lebih terjangkau menarik pelanggan dari berbagai kalangan tanpa mengurangi kualitas. Strategi fokus diterapkan dengan menyasar semua lapisan masyarakat untuk membangun loyalitas pelanggan. Dalam layanan, Balai Paras Satria memenuhi harapan pelanggan melalui lima dimensi: keandalan, fasilitas yang memadai, respons cepat, keahlian tukang cukur, dan empati. Meskipun ada beberapa keluhan, mereka terus meningkatkan layanan untuk tetap bersaing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi generik,barbershop,kualitas pelayanan |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan |
Depositing User: | Erzha Azhari |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27827 |
Actions (login required)
View Item |