POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK (Studi Kasus Anak Pengguna Gadget Aktif di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang)

Beny, Adam Pujangga (2024) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK (Studi Kasus Anak Pengguna Gadget Aktif di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUKSES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti pola komunikasi yang diterapkan dalam pengembangan karakter disiplin anak, khususnya pada anak pengguna gadget aktif di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya penggunaan gadget di kalangan anak yang berpotensi memengaruhi perkembangan karakter, termasuk disiplin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan lima informan yaitu orang tua dan anak pengguna gadget aktif di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin anak pengguna gadget aktif di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Hasil Penelitian dalam hal ini peneliti mengambil lima orang informan yang mempunyai anak pengguna gadget aktif di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Peneliti juga memberikan poin-poin seperti penggunaan gadget pada anak, pola komunikasi keluarga dalam mengembangkan karakter disiplin anak pengguna gadget, langkah antisipati yang dilakukan orang tua untuk menghindari pengaruh gadget terhadap anak, dan analisis hasil penelitian menggunakan gadget, serta teori pola komunikasi keluarga menurut beberapa tokoh. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Karakter Disiplin, Anak Pengguna Gadget Aktif, Desa Surajaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pola Komunikasi, Karakter Disiplin, Anak Pengguna Gadget Aktif, Desa Surajaya
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Beny Adam Pujangga
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:53
Last Modified: 24 Oct 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item