PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM BUKU BACAAN DI LAMAN BUDI KEMDIKBUD

Dian Wahyu, Sri Lestari (2024) PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM BUKU BACAAN DI LAMAN BUDI KEMDIKBUD. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dian Wahyu Sri Lestari__Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Buku Bacaan di Laman Budi Kemdikbud.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif sejalan dengan perkembangan bahasa anak. Anak yang mempunyai kemampuan kognitif tinggi maka kemampuan bahasanya pun tinggi. Perkembangan bahasa yang baik dipengaruhi oleh kemampuan anak dalam literasi baca tulisnya, kemampuan menyerap informasi, menalar, serta berpikir kritis dan kreatif terhadap informasi atau gagasan dalam komunikasi sehingga mampu memecahkan masalah. Faktanya, tingkat literasi di Indonesia tergolong rendah. Pemerintah berupaya menggencarkan literasi melalui buku-buku baik yang tersedia cetak maupun digital. Namun pemilihan buku bacaan harus disesuaikan berdasarkan tahap perkembangan anak agar pesan dan nilai dalam buku dapat diterima oleh anak. Oleh karena itu, penting meneliti aspek perkembangan kognitif dalam buku-buku bacaan anak, sehingga orangtua dapat memahami karakteristik dan nilai, serta dapat memilah buku-buku yang akan dibacakan ke anak. Berdasarkan objek penelitiannya, yaitu aspek perkembangan kognitif dengan objek buku-buku bacaan jenjang PAUD di laman budi kemdikbud, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif-tekstual melalui buku-buku bacaan. Data diklasifikasikan dan dianalisis menggunakan analisis konten melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif dalam buku bacaan jenjang PAUD di laman budi kemdikbud melalui tiga ranah yaitu: belajar dan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik. Dari ke-65 judul cerita dalam laman budi kemdikbud, belajar dan pemecahan masalah mendominasi cerita, yaitu sebanyak 41 cerita. Hal ini merefleksikan bahwa cerita anak lebih dekat dengan bagaimana anak belajar dan menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: anak usia dini, perkembangan kognitif, buku bacaan anak, laman budi
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Diang Wahyu Sri Lestari
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:21
Last Modified: 24 Oct 2024 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27802

Actions (login required)

View Item View Item