Pawit Puji, Pangestu (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA'AH PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
PAWIT PUJI PANGESTU_IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA'AH PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mahārah Al-qirā'ah merupakan salah satu keterampilan Bahasa Arab yang merujuk pada kemampuan membaca seseorang dalam memahami dan menginterpretasikan teks-teks tertulis dalam Bahasa Arab. Mahārah al-qirā'ah sangat penting, terutama dalam pembelajaran Bahasa Arab, karena memberikan dasar yang kuat untuk memahami bahasa secara lebih mendalam. Sehingga dalam pengajaranya pendidik perlu menyiapkan strategi pembelajaran yang baik, efektif dan memotivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan karakteristik strategi jigsaw dalam pembelajaran Mahārah al-qirā'ah. Strategi jigsaw yang digunakan dapat meningkatkan pemahaman melalui kolaborasi dan keterlibatan semua siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualiatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang ; (1) implementai strategi jigsaw dalam pembelajaran Mahārah al-qirā'ah meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan terdiri dari penyusunan modul ajar, mempelajari tujuan pembelajaran dan menyiapkan bahan ajar. Pada tahap pelaksanaan terdapat tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Kemudian pada tahap evaluasi pendidik melakukan tes lisan dan tertulis. (2) Karakteristik strategi jigsaw dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah memiliki tujuh karakteristik yaitu pembelajaran kolaboratif, didasarkan pada manajemen kooperatif, kemauan untuk bekerja sama, keterampilan bekerja sama, tanggung jawab individual, penghargaan kelompok dan kesempatan bersama untuk mencapai kesuksesan. Implementasi strategi jigsaw yang digunakan dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah sudah berjalan dengan lancar dan cukup efektif karena peserta didik lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar. Dengan diterapkannya strategi ini maka guru perlu meningkatkan variasi dan kreativitas dalam pemilihan strategi agar penyampaian materi menjadi lebih efektif, efisien, menyenangkan, serta mampu meningkatkan hasil belajar akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Strategi Jigsaw, Mahārah al-qirā'ah, Karakteristik |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Pawit Puji Pangestu |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:00 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |