Irza, Ardhian (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (Studi di Desa Pekunden Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
MUHAMMAD IRZA ARDHIAN HAQ_STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (Studi di Desa Pekunden Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sektor pariwisata memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi di kebanyakan negara berkembang. Kepariwisataan merupakan salah satu komoditi yang mampu menghasilkan devisa yang cukup besar bagi negara, sehingga pemerintah pusat harus bisa mendukung pembiayaan pembangunan daerah agar bisa mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di setiap daerah di Indonesia. Desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap potensi pariwisata di wilayahnya sehingga dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung. Ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam pengembangan pariwisata, berfokus pada nilai ekonomi produk atau jasa yang ditentukan oleh pemanfaatan kreativitas dan inovasi melalui perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan desa wisata berbasis ekonomi kreatif guna meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Pekunden Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas dan dampaknya. Dengan mengunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pengembangan yang digunakan pada desa wisata ini menggunakan strategi pengembangan wisata teori cooper yaitu Daya tarik wisata, Fasilitas, Aksesibilitas, Pelayanan tambahan yang dihubungan dengan ekonomi kreatif. Dampak dari adanya strategi pengembangan desa wisata berbasis ekonomi kreatif ini yaitu penguatan identitas desa melalui branding dan promosi, secara langsung mendorong popularitas Desa Wisata Pekunden. Adanya peningkatan pendapatan masyarakat pengelola daya tarik wisata desa pekunden. Mendapatkan pendapatan tambahan dari fasilitas homestay, dan dengan meningkatnya pendapatan dan branding desa wisata, kualitas hidup masyarakat desa juga mengalami perbaikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desa Wisata, Ekonomi Kreatif, dan Pendapatan |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhammad Irza Ardhian Haq |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |