IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DAN EDUKATIF DI SD NEGERI 1 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA

Listiya, Kusumawati (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DAN EDUKATIF DI SD NEGERI 1 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Listiya Kusumawati_Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Permainan Tradisional dan Edukatif di SD Negeri 1 Panican Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak: projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan pembelajaran kokulikuler berbasis projek yang dilakukan di luar jam pelajaran interkuliluler untuk menguatkan kompetensi atau karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. SD Negeri 1 Panican Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu sekolah penggerak yang ada di purbalingga yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila melalui permainan tradisional dan edukatif di SD Negeri 1 Panican Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data ; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila melalui permainan tradisional dan edukatif di SD Negeri 1 Panican Kabupaten Purbalingga: 1) perencanaan projek dengan membentuk tim P5 , mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, menentukan tema, dimensi, dan alokasi waktu , menyusun modul projek, membuat strategi pelaporan kegiatan projek. Modul alur projek SD Negeri 1 Panican antara lain tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, dan tindak lanjut 2) pelaksanaan kegiatan projek permainan tradisional dan edukatif dimulai dengan tahap pengenalan dan kontekstualisasi, pelaksanaan proyek dilakukan dengan aksi dengan membuat lapangan bermain permainan tradisional, alat bermain permainan tradisional, bermain permainan tradisional, dan festival permainan tradisional dan ditutup oleh gelar hasil belajar peserta didik. Dimensi yang dicapai yaitu berkebhinekaan global dengan sub elemen menghargasi dan mengenal budaya dan berkeadilan sosil, gotong royong dengan sub elemen kolaborasi, kepedulian, dan berbagi dan kemandirian dengan sub elemen pemahaman diri dan situasi, mengenali tantangan dan mengembangkan refleksi diri. Menutup rangkaian kegiatan proyek dilakukan dengan perayaan hasil belajar. 3) evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila melalui permainan tradisional dan edukatif di SD Negeri 1 Panican dilakukan dengan menggunakan observasi pelaksanaan dengan asesmen formatif, rubrik penilaian dan asesmen sumatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Projek, Pancasila, permainan, tradisional, edukatif
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Depositing User: Listiya Kusumawati
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:40
Last Modified: 23 Oct 2024 08:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27782

Actions (login required)

View Item View Item