PERAN OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS TAMAN RASAM PURWOKERTO BANYUMAS)

Nurul, Hidayah (2024) PERAN OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS TAMAN RASAM PURWOKERTO BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NURUL HIDAYAH_Peran Objek Wisata Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam(Studi Kasus Taman Rasam Purwokerto Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERAN OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Taman Rasam Purwokerto Banyumas) Nurul Hidayah NIM. 2017201008 Email : [email protected] Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Objek wisata Taman Rasam merupakan tempat yang dikenal untuk bersantai sambil melihat pemandangan kereta api lewat, dengan tersedianya aneka wahana permainan, udaranya yang segar sangat cocok dinikmati untuk bersantai. Dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga, masyarakat di sekitar objek wisata Taman Rasam berusaha menciptakan usaha baru seperti membuka toko kelontong dan usaha kuliner untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran objek wisata Taman Rasam dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis penelitiananya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi terhadap tempat penelitian, wawancara mendalam terhadap pengelola dan masyarakat sekitar Taman Rasam, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang valid dan relevan . Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penyimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber untuk memastikan konsistensi dan validitas informasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa objek wisata Taman Rasam berperan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar mendapatkan tambahan pendapatan dari usaha membuka toko kelontong dan usaha kuliner di sekitar Taman Rasam, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secara signifikan. Dalam perspektif ekonomi Islam masyarakat sekitar objek wisata Taman Rasam terutama pelaku usaha mampu meningkatkan perekonomiannya, akan tetapi hanya sampai pada pemenuhan kebutuhan dharuriyat dan hajiyat saja, sedangkan kebutuhan tahsiniyat belum bisa terpenuhi. Kata Kunci : Objek Wisata, Perekonomian Masyarakat, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Objek Wisata, Perekonoomian Masyarakat, Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:52
Last Modified: 23 Oct 2024 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27769

Actions (login required)

View Item View Item