Hilya, Kamila Musthafina (2024) PEMBELAJARAN NAḤWU DAN ṢARAF DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ASING (LPBA) AL-HIKMAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Pof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Hilya Kamila Musthafina_Pembelajaran Nahwu dan Saraf di Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) Al-Hikmah Purwokerto.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran naḥwu dan ṣaraf memiliki peran dalam pembelajaran bahasa Arab. Ilmu naḥwu sebagai alat untuk mengetahui harakat akhir sedangkan ilmu ṣaraf untuk mengetahui perubahan kata serta makna di dalamnya. Sehingga perlu untuk mempelajari dua ilmu tersebut ketika mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran naḥwu dan ṣaraf di Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) Al-Hikmah Purwokerto serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskripstif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran naḥwu dan ṣaraf memiliki 3 tahap, yaitu tahap perencanaan yaitu tahap pertama yang dilakukan oleh guru sebelum memulai pembelajaran, tahap pelaksanaan yaitu tahap proses pembelajaran dilakukan, dan tahap evaluasi yaitu tahap penilaian untuk menilai keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran naḥwu dan Ṣaraf di Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) Al-Hikmah Purwokerto telah berjalan dengan cukup baik, hanya saja dalam pelaksanaan pembelajaran siswa mengalami beberapa kesulitan dalam memahami materi naḥwu atau ṣaraf yang disampaikan. Sehingga perlunya meningkatkan perhatian serta komunikasi guru terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, naḥwu, ṣaraf |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Hilya Kamila Musthafina |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:58 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |